jump to navigation

KPK dirikan warung kejujuran May 12, 2008

Posted by rico_bae in - Hukum.
trackback
Senin, 12 Mei 2008 | 17:50 WIB

MAU jajan murah dengan sistem ambil barang, bayar dan ambil uang kembalian sendiri? Datang saja ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sejak hari Senin (12/5) ini, KPK membuka Warung Kejujuran di kantornya, Jakarta. Warung ini diresmikan oleh Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan M Yassin. “Silakan ambil barangnya, di situ sudah ada harganya.Uang di taruh di tempat situ (tempat uang) dan kalau ada kembalian, silakan ambil kembalian sendiri-sendiri, ” ujar Yassin.

Warung Kejujuran milik KPK, berbentuk dua rak dan satu kulkas yang ditempatkan di lantai satu KPK. Persisnya di lorong antara ruang Humas dan Pengaduan Masyarakat. Di dua rak tersebut, ditaruh barang-barang dagangan seperti kacang, biskuit permen, dan minuman ringan.

Di antara rak dan tembok, bertempelkan harga dan jenis barang yang dijual. Di tengah meja, terdapat kotak uang. Terpampang juga tulisan “Warung kejujuran adalah warung tanpa penjaga,silakan ambil barang yang anda kehendaki. Taruh uang di kotak uang, ambil sendiri uang kembalian anda jika ada”

Menurut Yassin, warung kejujuran milik KPK ini untuk melatih kejujuran kepada masyarakat. Untuk warung kejujuran KPK, diperuntukkan untuk karyawan, wartawan atau tamu KPK.

Di Indonesia, menurut Yassin, sudah berdiri 20 warung kejujuran. Antara lain di Bali,Jambi dan Riau. Di daerah, warung kejujuran ini sengaja di tempatkan di sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Kita sengaja melatih kejujuran generasi penerus kita dulu. Mulai dari SD,SMP dan nantinya SMA,” tegas Yassin.

Sukses atau tidaknya warung ini, dibuktikan jika warungnya tetap hidup dan terus berkembang. “Kalau warungnya berkembang,berarti jujur.Kalau bangkrut,berarti tidak jujur pembelinya,” tegas Yassin.

Dari 20 warung kejujuran yang telah didirkan, menurut Yassin hasilnya cukup menggembirakan. “Cukup berkembang.Mudah- mudahan terus bertambah jumlahnya,” ujar Yassin. (Persda Network/Yuli Sulistyawan) .

Sumber KOMPAS.com

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: