jump to navigation

POLDA JAMBI TANGKAP 893 KAYU LOG ILEGAL April 3, 2008

Posted by rico_bae in - Hukum.
Tags:
trackback

Polda Jambi saat ini sedang mengungkap kasus illegal logging, dan sudah menyita Barang Bukti kayu log sebanyak 893 batang, setrara dengan 3.197,30 M3. Kayu yang diduga ilegal itu terungkap pada 12 Februari 2008,oleh Team Patroli Polisi Perairan Polda Jambi di perairan Kuala Muara Sungai Kuala tungkal, Kab.Tanjungjabung barat Provinsi Jambi.
Kronologis singkat, pada waktu tersebut diatas tadi, Tim Patroli Polair Polda Jambi menemui sebuang Tongkang (TK)KM 2119 penuh muatan kayu log ditarik KM Kaimana7 (Tug Boat). Dalqam kondisi berhenti lelu didekati Tim Patroli, yang selanjutnya melakukan pemeriksaan terhadap ABK. Dari pemeriksaan Dokumen yang menyertai kapal maupun kayunya, ditemui kejanggalan bahwa dokumen Faktur Angkut Kayu Bulat (FA KB) sudah tidak berlaku selma 2 bulan.
Menurut dokumen yang sudah mati itu, kayu tersebut berasal dari Kab.Banggai Sulawesi tengah, pemiliknya PT Daha Tama Adikarya. Adapun arah tujuan kayu-kayu tersebut adalah Pt.STUD di Kuala tungkal Kab. Tanjungjabung barat Prov. Jambi. Karena ditemukan bukti-bukti permulaan adanya kejahtan dibidang kehutanan dan pelayaran, saat ini kayu maupun alat angkutnya disita sebagai barang bukti. Kayu-kayu log ukuran diameter 50 cm s/d 150 cm dan panjang 8 s/d 12 m, berikut Tongkang KM 2119 dan Tug Boat KM Kaimana7, saat ini berada di Log Pon PT.STUD dalam pengawasan Penyidik Polair.
Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) TB Kaimana75 sebanyak 5 o4ang, sudah diperiksa oleh Penyidik. Juga sudah didapat keterangan ahli dari Dinas Kehutanan Kab.Tanjung jabung barat. Polisi Air Polda Jambi dan Ditreskrim, harus kerja keras untuk mengungkap kasus ini. Belum bisa diungkapkan siapa pemilik keyu sebenarnya, karena Nahkoda Kapal ternyata kabur pada saat dilakukan penangkapan.
Sementara dugaan kejahatan yang terjadi adalah dokumen yang tidak sah baik kayu maupun pengangkutanya, seperti diatur dalam Psl 50 ayat (3) huruf dan Psl 78 ayat (7) UU No 41 Th 1999 ttg Kehutanan dan UU No 21 Th 1922 Psl 40 ayat (2) tentang Pelayaran.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: